Rabu, 06 Juni 2012

I. STANDAR ISI
1. Pelaksanaan kurikulum berdasarkan muatan KTSP (Isi menurut apa yang terjadi di sekolah/madrasah Saudara).
No.
Muatan KTSP
1
Mata pelajaran:
1) ___________________________ 11) ___________________________
2) ___________________________ 12) ___________________________
3) ___________________________ 13) ___________________________
4) ___________________________ 14) ___________________________
5) ___________________________ 15) ___________________________
6) ___________________________ 16) ___________________________
7) ___________________________ 17) ___________________________
8) ___________________________ 18) ___________________________
9) ___________________________ 19) ___________________________
10) __________________________ 20) ___________________________
2
Muatan lokal:
1) ________________________
2) ________________________
3) ________________________
3
Kegiatan pengembangan diri:
1) ___________________________ 6) ___________________________
2) ___________________________ 7) ___________________________
3) ___________________________ 8) ___________________________
4) ___________________________ 9) ___________________________
5) ___________________________ 10) ___________________________
4
Pengaturan beban belajar*
5
Ketuntasan belajar (KKM)**:
1) ________________ KKM= _____ 11) ________________ KKM= _____
2) ________________ KKM= _____ 12) ________________ KKM= _____
3) ________________ KKM= _____ 13) ________________ KKM= _____
4) ________________ KKM= _____ 14) ________________ KKM= _____
5) ________________ KKM= _____ 15) ________________ KKM= _____
6) ________________ KKM= _____ 16) ________________ KKM= _____
7) ________________ KKM= _____ 17) ________________ KKM= _____
8) ________________ KKM= _____ 18) ________________ KKM= _____
9) ________________ KKM= _____ 19) ________________ KKM= _____
10) _______________ KKM= _____ 20) ________________ KKM= _____
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 1
No. Muatan KTSP
6
Kriteria kenaikan kelas:
1) ______________________________________________________
2) ______________________________________________________
3) ______________________________________________________
4) ______________________________________________________
Kriteria kelulusan:
1) ______________________________________________________
2) ______________________________________________________
3) ______________________________________________________
4) ______________________________________________________
7
Penjurusan***:
Nama kompetensi keahlian : ______________________________
Nomor kode : ______________________________
8
Pendidikan kecakapan hidup:
_________________________________________________________
_________________________________________________________
9
Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global dalam bentuk:
_________________________________________________________
_________________________________________________________
Keterangan : * Lampirkan kalender akademik dan jadwal pelajaran
** Isi dengan singkatan mata pelajaran dan KKM
*** Tuliskan nama dan nomor kode kompetensi keahlian sesuai dengan spektrum keahlian pendidikan menengah kejuruan (Keputusan Dirjen Mandikdasmen Nomor 251/C/KEP/MN/2008).
2. Daftar nama institusi dan orang yang dilibatkan dalam pengembangan KTSP.
No.
Nama
Institusi
1
2
3
4
5
6
7
2 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
3. Proses penyusunan KTSP.
No.
Mekanisme yang dilalui dalam penyusunan KTSP
1
2
3
4
5
6
7
4. Daftar nama dokumen layanan pembelajaran dalam rangka pelaksanaan kurikulum.
No.
Nama dokumen
1
2
3
4
5
6
7
8
5. Muatan lokal yang diselenggarakan program keahlian.
a) _____________________________________________________
b) _____________________________________________________
c) _____________________________________________________
d) _____________________________________________________
e) _____________________________________________________
No.
Pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyusunan muatan lokal
1
2
3
4
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 3
6. Jenis-jenis program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dimiliki program keahlian.
a) _____________________________________________________
b) _____________________________________________________
c) _____________________________________________________
d) _____________________________________________________
7. Jenis-jenis program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling yang dimiliki program keahlian.
a) _____________________________________________________
b) _____________________________________________________
c) _____________________________________________________
d) _____________________________________________________
8. Data Prakerin siswa di DU/DI
No
Nama DU/DI
Jumlah Siswa yang Prakerin
Waktu Prakerin
Lama Prakerin
1
2
3
4
9. Beban belajar yang ditetapkan oleh program keahlian.
No.
Pembelajaran
Jumlah
1
Satu jam tatap muka
....................... menit
2
Jumlah pembelajaran per minggu
....................... jam
3
Jumlah minggu efektif per tahun
....................... minggu
10. Data guru yang memberikan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur kepada siswa.
No
Jenis tugas terstruktur dan kegiatan mandiri tidak testruktur
Kelas
Jumlah guru
1
2
3
4
5
Jumlah
………
Jumlah seluruh guru ……… orang
11. ---
4 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
12. Daftar mata pelajaran yang memanfaatkan TIK
No
Nama mata pelajaran
Jenis TIK
1
2
3
4
13.dan 14. ---
15. Dokumen pengembangan silabus (Isi jenis dokumen yang relevan dengan kegiatan pengembangan silabus).
Ketersediaan*
No.
Jenis kegiatan
Ada
Tidak
1
Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar (pemetaan)
2
Mengidentifikasi materi pokok/ pembelajaran
3
Mengembangkan kegiatan pembelajaran
4
Merumuskan indikator pencapaian kompetensi
5
Menentukan jenis penilaian
6
Menentukan alokasi waktu
7
Menentukan sumber belajar
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan”
16. Proses pengembangan silabus.
No.
Cara pengembangan silabus
Mata pelajaran
1
Silabus dikembangkan secara mandiri melalui kelompok mata pelajaran
........................................
2
Silabus dikembangkan secara mandiri oleh guru mata pelajaran dalam program keahlian
.......................................
3
Silabus dikembangkan oleh MGMP tingkat kab/kota
.......................................
4
Silabus mengadopsi contoh yang sudah ada
.......................................
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 5
17.KKM mata pelajaran.
No.
Mata pelajaran
Nilai KKM (1-100)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
18. Komponen kalender akademik program keahlian
Ketersediaan (*)
No.
Komponen kalender akademik
Ada
tidak
1
Jadwal awal tahun pelajaran
2
Minggu efektif
3
Pembelajaran efektif
4
Hari libur
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan”
6 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
II. STANDAR PROSES
19. Mata pelajaran yang memiliki RPP secara lengkap.
No.
Mata pelajaran
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
20. Mata pelajaran yang memiliki RRP yang disusun berdasarkan prinsip penyusunan RPP.
No.
Mata pelajaran
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
21. Persyaratan proses pembelajaran.
No.
Persyaratan proses pembelajaran
1
Jumlah siswa tiap kelas maksimum = .............siswa
2
Jumlah jam beban mengajar guru minimum = .............jam/minggu
3
Perbandingan jumlah buku teks dengan siswa = .......... : .........
4
Pengelolaan kelas yang dilakukan:
................................................................................................
................................................................................................
................................................................................................
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 7
22. Langkah-langkah pembelajaran.
No.
Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan
1
2
3
4
5
6
23. s.d. 25. ---
26. Jumlah siswa yang melaksanakan prakerin di DU/DI
No
Tempat Prakerin
Jumlah Siswa
1
2
3
dst
Jumlah
27. Pemantauan proses pembelajaran.
No.
Tgl. pemantauan
Mata pelajaran yang dipantau
Tahap yang dilakukan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
8 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
28. Supervisi proses pembelajaran.
No.
Tgl. supervisi
Mata pelajaran yang disupervisi
Cara yang dilakukan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
29. Evaluasi proses pembelajaran.
No.
Tgl. evaluasi
Mata pelajaran yang dievaluasi
Aspek yang dievaluasi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
30. Pelaporan pengawasan proses pembelajaran.
No.
Tgl. Pelaporan
Pihak yang mendapat laporan
Keterangan
1
2
3
4
31. Tindak lanjut hasil pengawasan proses pembelajaran.
No.
Hasil pengawasan
Bentuk tindak lanjut
1
2
3
4
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 9
III. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
32. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) kelompok mata pelajaran ipteks.
No.
Mata pelajaran Ipteks
Kelas
KKM
1
2
3
4
5
6
Rata-rata
33. Kegiatan belajar siswa yang berkaitan dengan analisis pemecahan masalah-masalah yang kompleks.
No.
Mata Pelajaran
Jenis kegiatan
Jumlah siswa yang terlibat
1
2
3
4
34. Kegiatan untuk memperoleh pengalaman belajar yang dapat menganalisis gejala alam dan sosial.
No.
Mata Pelajaran
Jenis kegiatan
Jumlah siswa yang terlibat
1
IPA
2
IPS
35. Penggunaan berbagai fasilitas oleh siswa.
Ketersediaan*
No.
Jenis Fasilitas
Ada
Tidak
Jumlah siswa yang terlibat
1
Bahan ajar.
2
Buku teks.
3
Perpustakaan.
4
Laboratorium.
5
Internet.
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan”
10 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
36. Kegiatan mencari informasi dari berbagai sumber belajar.
Dilakukan*
No.
Kegiatan siswa
Ya
Tidak
Jumlah siswa yang mengikuti
1
Mengunjungi perpustakaan
2
Mengakses internet
3
Menyelenggarakan kelompok ilmiah remaja
4
Kelompok belajar bahasa asing (Inggris, Jepang, Jerman, dsb.)
5
Sumber belajar (museum, kebun raya, industri dsb.)
6
.............................
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ya” atau “Tidak”
37. Kegiatan memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.
No.
Jenis Kegiatan
Tempat pelaksanaan
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
38. Kegiatan seni dan budaya.
No.
Jenis Kegiatan
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 11
39. Kegiatan mengikuti apresiasi seni.
No.
Jenis Kegiatan
Waktu pelaksanaan
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
40. Kegiatan untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab.
Ketersediaan*
No.
Jenis Kegiatan
Ada
Tidak
Jumlah siswa yang mengikuti
1
Layanan konseling.
􀁹 ...........................
􀁹 ...........................
2
Ekstrakurikuler.
􀁹 ...........................
􀁹 ...........................
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan”
41. Kegiatan siswa untuk berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.
No.
Jenis Kegiatan
Waktu pelaksanaan
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
5
6
7
42. Kegiatan untuk menumbuhkan sikap kompetitif.
No.
Nama kegiatan
Tingkat
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
5
6
7
8
12 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
43. Kegiatan untuk menumbuhkan sikap sportif.
No.
Nama kegiatan
Tingkat
Ranking juara
Tahun
1
2
3
4
5
6
7
8
44. Pembelajaran yang dapat melibatkan partisipasi siswa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara demokratis dalam wadah NKRI.
Ketersediaan dokumen*
No.
Jenis kegiatan
Ada
Tidak
Jumlah siswa yang mengikuti
1
Upacara hari besar kenegaraan
2
PMR
3
Kegiatan OSIS
4
...........................
5
...........................
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan dokumen”
45. Pembelajaran untuk membentuk karakter siswa menumbuhkan rasa sportivitas, dan kebersihan lingkungan.
Ketersediaan dokumen*
No.
Jenis kegiatan
Ada
Tidak
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “ketersediaan dokumen”
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 13
46. Silabus mata pelajaran yang memuat materi tentang hak dan kewajiban orang lain dalam pergaulan masyarakat.
No.
Silabus mata pelajaran
Memuat
1
2
3
4
5
6
7
8
47. Kegiatan untuk dapat menjalankan ajaran agama melalui kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia yang bersifat afektif.
Ketersediaan dokumen*
No.
Nama kegiatan
Ada
Tidak
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
5
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan dokumen”
48. Kegiatan untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
Ketersediaan dokumen*
No.
Nama kegiatan
Ada
Tidak
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
5
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan dokumen”
49. Kegiatan untuk pembentukan akhlak mulia melalui pembiasaan dan pengalaman.
Ketersediaan dokumen*
No.
Nama kegiatan
Ada
Tidak
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan dokumen”
14 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
50. ---
51. Kegiatan dalam menghasilkan karya kreatif baik individu maupun kelompok.
Ketersediaan dokumen*
No.
Nama kegiatan
Ada
Tidak
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
5
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan dokumen”
52. Kegiatan terkait dengan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan secara efektif dan santun.
Ketersediaan dokumen*
No.
Nama kegiatan & Jenis Karya yang dihasilkan
Ada
Tidak
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
5
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan dokumen”
53. Kegiatan terkait dengan kemampuan memperoleh keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis.
Ketersediaan dokumen*
No.
Nama kegiatan dan jenis karya siswa
Ada
Tidak
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
5
6
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan dokumen”
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 15
54. Kegiatan terkait dengan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
Ketersediaan dokumen*
No.
Nama kegiatan
Ada
Tidak
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
5
6
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan dokumen”
55. Kegiatan berkaitan dengan pengembangan Iptek seiring dengan perkembangannya.
Ketersediaan dokumen*
No.
Nama kegiatan
Ada
Tidak
Jumlah siswa yang mengikuti
1
2
3
4
5
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan dokumen”
56. Daftar persentase jam teori dan mata pelajaran
No.
Nama mata pelajaran
Persentase pembelajaran studi kasus
Persentase pembelajaran bukan studi kasus
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
Jumlah
16 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
57. s.d 61. Data nilai uji kompetensi dan nilai UN mata pelajaran yang diperoleh
No
Mata Pelajaran
Nilai Uji Kompetensi
Nilai rata-rata UN yang diperoleh
1
Teori mata pelajaran produktif
2
Matematika
3
Bahasa Inggris
4
Bahasa Indonesia
5
Produktif
……………………….
……………………….
……………………….
……………………….
……………………….
……………………….
……………………….
……………………….
……………………….
……………………….
……………………….
……………………….
……………………….
62. Persentase kelulusan tahun ...... = ............ %
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 17
IV. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
63. Jumlah guru yang dimiliki program keahlian dan kualifikasinya.
Jumlah guru: .......... orang.
Kualifikasi:
Jumlah dan status guru
GT* /PNS
GTT** /Guru bantu
No
Tingkat pendidikan
L
P
L
P
Jumlah
1
S3/S2
2
S1
3
D4
4
D3/Sarjana muda
5
D2
6
D1
7
≤ SMA sederajat
Jumlah
Keterangan: * GT = Guru tetap (bagi sekolah/madrasah swasta)
** GTT = Guru tidak tetap (baik sekolah/madrasah negeri atau swasta)
64. dan 65 Jumlah guru yang mengajar memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
No.
Guru mata pelajaran
D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3
D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3
Jumlah
1
Pendidikan Agama
2
PKn
3
Bahasa Indonesia
4
Bahasa Inggris
5
Matematika
6
IPA
Fisika
Kimia
Biologi
KKPI
Kewirausahaan
7
IPS
8
Seni dan Budaya
18 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
No.
Guru mata pelajaran
Jumlah
D1/D2
D3/
Sarmud
S1/D4
S2/S3
D1/D2
D3/
S1/D4
S2/S3
Sarmud
9
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
10
Kejuruan
11
12
13
14
15
16
17
18
19
Muatan lokal
20
Pengembangan Diri
Jumlah
66. s.d. 70. ---
71. Jumlah guru mata pelajaran produktif yang memiliki sertifikat uji kompetensi
No
Mata pelajaran produktif
Memiliki sertifikat uji kompetensi
Tidak memiliki sertifikat uji kompetensi
Jumlah
1
2
3
4
5
6
7
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 19
72. Jumlah guru produktif yang memiliki kompetensi utama dan kompetensi tambahan
No
Mata Pelajaran Produktif
Kompetensi utama
Kompetensi tambahan 1
Kompetensi tambahan 2
1
2
3
4
5
6
7
75. ---
76. Data alumni program keahlian
Jumlah alumni
No
DU/DI/Perguruan Tinggi
Tahun….
Tahun …
1
2
3
4
5
Jumlah
77. s.d. 78. ---
79. s.d. 82. Daftar tenaga administrasi dan perpustakaan
Kualifikasi akademik
Jumlah yang sesuai dengan bidangnya
No
Jenis pekerjaan
S1/S2
D-I
D-2
D-3
SLA
Sesuai
Tidak sesuai
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Jumlah
20 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
83. Daftar kepala laboratorium/bengkel
No
Nama laboratorium/bengkel
Nama kepala laboratorium/bengkel
Kualifikasi akademik
Ket
1
2
3
4
5
6
7
Jumlah
84. Daftar teknisi laboratorium/bengkel
No
Nama laboratorium/bengkel
Nama teknisi laboratorium/bengkel
Kualifikasi akademik
Ket
1
2
3
4
5
6
7
Jumlah
85. Daftar laboran
No
Nama laboratorium/bengkel
Nama laboran
Kualifikasi akademik
Ket
1
2
3
4
5
6
7
Jumlah
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 21
86. Daftar tenaga layanan khusus
No
Jenis
Nama
1
Penjaga sekolah/madrasah
2
Tukang kebun
3
Tenaga kebersihan
4
Pengemudi
5
Pesuruh
Jumlah
87. --
22 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
V. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
88. Luas lahan sekolah/madrasah: .................... m2
89. s.d. 91. ---
92. Luas lantai program keahlian: ..................... m2
93. ---
94. Daftar jenis sanitasi yang dimiliki sekolah/madrasah.
Ketersediaan*
No
Jenis sanitasi
Ada
Tidak
1
2
3
4
5
Jumlah
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ketersediaan”
95. Data kepemilikan buku teks program keahlian
No
Mata pelajaran
Kelas
Jumlah buku teks
Jumlah siswa
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
Dst
96. s.d 100. --
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 23
101. s.d 102. Data ruang pembelajaran umum (RPU) SMK/MAK
Kebutuhan RPU
Luas (m2)
Lebar (m)
No
Jenis RPU
Standar
Fakta
Standar
Fakta
Standar
Fakta
Ket
1
Kelas
2
Perpustakaan
3
Lab Biologi
4
Lab Fisika
5
Lab Kimia
6
Lab IPA
7
Lab Komputer
8
Lab Bahasa
9
Ruang Gambar Teknik
103. Data kelengkapan sarana RPU
Kelengkapan jenis sarana
No
Jenis RPU
Lengkap
Tidak lengkap
Keterangan
1
Kelas
2
Perpustakaan
3
Lab Biologi
4
Lab Fisika
5
Lab Kimia
6
Lab IPA
7
Lab Komputer
8
Lab Bahasa
9
Ruang Gambar Teknik
104. s.d 105. Data ruang penunjang (RP) SMK/MAK
Kebutuhan RP
Luas (m2)
Lebar (m)
No
Jenis RP
Standar
Fakta
Standar
Fakta
Standar
Fakta
Ket
1
Ruang pimpinan
2
Ruang guru
3
Ruang tata usaha
4
Tempat beribadah
5
Ruang konseling
6
Ruang UKS/M
7
Ruang organisasi kesiswaan
8
Jamban
9
Gudang
10
Ruang sirkulasi
11
Tempat bermain/ berolah raga
12
24 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
106. Data kelengkapan sarana RP
Kelengkapan sarana
No
Jenis RP
Lengkap
Tidak lengkap
Keterangan
1
Ruang pimpinan
2
Ruang guru
3
Ruang tata usaha
4
Tempat beribadah
5
Ruang konseling
6
Ruang UKS/M
7
Ruang organisasi kesiswaan
8
Jamban
9
Gudang
10
Ruang sirkulasi
11
Tempat bermain/ berolah raga
107. s.d 108. Data ruang pembelajaran khusus (RPK) SMK/MAK
Kebutuhan RPK
Luas (m2)
Lebar (m)
No
Jenis RPK
Standar
Fakta
Standar
Fakta
Standar
Fakta
Ket
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
109. Data kelengkapan sarana RPK
Kelengkapan sarana
No
Jenis RPK
Lengkap
Tidak lengkap
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
110. s.d. 112. ---
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 25
VI. STANDAR PENGELOLAAN
113. ---
114. ---
115. Tujuan program keahlian.
a) ____________________________________________________________
b) ____________________________________________________________
c) ____________________________________________________________
d) ____________________________________________________________
e) ____________________________________________________________
f) ____________________________________________________________
g) ____________________________________________________________
116. a) Rencana kerja jangka menengah (empat tahunan), dibuat dari tahun ........
sampai tahun ........
b) Rencana kerja tahunan yang dimiliki.
􀁹 Tahun ........... / ...........
􀁹 Tahun ........... / ...........
􀁹 Tahun ........... / ...........
􀁹 Tahun ........... / ...........
117. Kepemilikan dokumen aspek pengelolaan pendidikan.
No.
Jenis dokumen pengelolaan pendidikan
Ada
Tidak
1
KTSP
2
Kalender pendidikan/akademik
3
Struktur organisasi program keahlian
4
Pendayagunaan pendidik & tenaga kependidikan
Pengembangan SDM
5
Peraturan akademik
6
Tata tertib program keahlian
7
Kode etik program keahlian
8
Biaya operasional program keahlian
Keterangan: Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”
26 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
118. Kepemilikan struktur organisasi program keahlian.
Uraikan isi struktur organisasi program keahlian dan penjelasan singkat
119. Pelaksanaan kegiatan program keahlian sesuai rencana kerja tahunan.
No.
Dokumen pelaksanaan kegiatan program keahlian yang dimiliki
1
2
3
4
120. Jenis kegiatan kesiswaan yang dilakukan program keahlian.
a) ____________________________________________________________
b) ____________________________________________________________
c) ____________________________________________________________
d) ____________________________________________________________
e) ____________________________________________________________
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 27
121. Jenis kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran:
a) _____________________________________________________________
b) _____________________________________________________________
c) _____________________________________________________________
d) _____________________________________________________________
e) _____________________________________________________________
Kepemilikan dokumen pengembangan kegiatan kurikulum dan pembelajaran.
No.
Jenis dokumen kurikulum dan pembelajaran
Ada
Tidak
1
KTSP
2
Kalender pendidikan
3
Program pembelajaran
4
Penilaian hasil belajar siswa
5
Peraturan akademik
Keterangan: Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”
122. Pelaksanaan program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
No.
Jenis program pendayagunaan
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Pembagian tugas
2
Penentuan sistem penghargaan
3
Pengembangan profesi
4
Promosi dan penempatan
5
Mutasi
Keterangan: Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau “Tidak dilakukan”
123. Pengelolaan program sarana dan prasarana pembelajaran.
No.
Jenis program sarana dan prasarana
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Perencanaan, pemenuhan, dan pendayagunaan sarpras pendidikan
2
Evaluasi dan pemeliharaan sarpras dalam mendukung proses pendidikan
3
Fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas
4
Penyusunan skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan
5
Pemeliharaan seluruh fasilitas fisik dan peralatan pendidikan
Keterangan: Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau “Tidak dilakukan”
28 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
124. Pengelolaan program keuangan dan pembiayaan pendidikan.
No.
Jenis program keuangan dan pembiayaan
Dilakukan
Tidak dilakukan
1
Sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana yang dikelola
2
Kewenangan dan tanggung jawab kepala program keahlian dalam membelanjakan anggaran pendidikan
3
Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran
4
Penggunaan anggaran untuk dilaporkan komite sekolah/madrasah dan institusi di atasnya
Keterangan: Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Dilakukan” atau “Tidak dilakukan”
125. Bentuk penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran kondusif yang dilakukan program keahlian.
a) ___________________________________________________________
b) ___________________________________________________________
c) ___________________________________________________________
d) ___________________________________________________________
e) ___________________________________________________________
126. Bentuk keterlibatan masyarakat dalam membangun kemitraan dengan lembaga lain yang dilakukan program keahlian.
a) ___________________________________________________________
b) ___________________________________________________________
c) ___________________________________________________________
d) ___________________________________________________________
e) ___________________________________________________________
127. Daftar pelatihan kejuruan tenaga teknisi dan laboran.
No
Jenis pelatihan
Jumlah yang mengikuti pelatihan
1
2
3
4
5
6
7
Jumlah keseluruhan
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 29
128. Data guru magang di DU/DI
No
Nama DU/DI
Jumlah Guru yg Magang
1
2
3
4
129. Jenis Sistem Manajemen Mutu sekolah/madrasah
No
Jenis Sistem Manajemen Mutu
Keterangan
1
2
3
4
Keterangan: Isilah kolom keterangan dengan kegiatan sistem manajemen mutu yang sudah diterapkan atau masih dalam perencanaan
130. Jenis barang dan jasa yang dihasilkan business center
1) __________________________
2) __________________________
3) __________________________
4) __________________________
5) __________________________
6) __________________________
131. ---
132. Data lulusan yang disalurkan BKK
No
Tahun
Jumlah Lulusan
Jumlah yang disalurkan
1
2
3
Jumlah total
133. Jenis program pengawasan kepada pendidik dan tenaga kependidikan.
a) ___________________________________________________________
b) ___________________________________________________________
c) ___________________________________________________________
d) ___________________________________________________________
e) ___________________________________________________________
30 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
Kepemilikan dokumen program pengawasan.
No.
Jenis dokumen program pengawasan
Ada
Tidak
1
Pemantauan
2
Supervisi
3
Evaluasi
4
Pelaporan
5
Tindak lanjut
Keterangan: Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ada” atau “Tidak”
134. Pelaksanaan kegiatan evaluasi diri kinerja program keahlian.
No.
Jenis kegiatan
1
2
3
4
5
6
7
8
135. Pelaksanaan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yang dilakukan.
No.
Jenis kegiatan
1
2
3
4
5
6
136. Persiapan bahan dan/atau kebutuhan akreditasi yang disiapkan program keahlian.
No.
Bahan dan/atau kebutuhan akreditasi
1
2
3
4
5
6
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 31
137. Keberadaan wakil kepala sekolah/madrasah.
No.
Nama
Bidang
1
Akademik.
2
Sarana dan prasarana.
3
Kesiswaan.
4
.........................
138. Sistem informasi manajemen (SIM) untuk mendukung administrasi pendidikan dengan fasilitas dan petugas khusus.
No.
Jenis kegiatan SIM
1
2
3
4
5
6
32 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
VII. STANDAR PEMBIAYAAN
139. Dokumen investasi sarana dan prasarana ditunjukkan dengan Anggaran pendapatan dan belanja program keahlian selama tiga tahun terakhir.
(dalam ribuan rupiah)
Tahun
No.
Uraian
20...
20...
20...
PENDAPATAN
1
Anggaran pemerintah
􀁹 APBN
􀁹 APBD Provinsi
􀁹 APBD Kabupaten/Kota
􀁹 Sumber anggaran pemerintah lainnya
2
Dana masyarakat
􀁹 Biaya pendidikan siswa (SPP)
􀁹 Biaya pendaftaran
􀁹 Sumbangan orangtua siswa
􀁹 Sumber dana masyarakat lainnya
3
Donasi
􀁹 Yayasan
􀁹 Hibah (block grant)
􀁹 Sumber donasi lainnya
4
Pendapatan lain
􀁹 Penjualan hasil produksi
􀁹 Sumber pendapatan lainnya
TOTAL PENDAPATAN
PENGELUARAN
1
Langsung pada program keahlian
􀁹 Gaji dan tunjangan guru
􀁹 Gaji dan tunjangan tenaga kependidikan
􀁹 Biaya pengembangan guru dan tenaga kependidikan
􀁹 Kegiatan pembelajaran
􀁹 Kegiatan kesiswaan
􀁹 Alat tulis program keahlian
􀁹 Bahan habis pakai
􀁹 Alat habis pakai
􀁹 Kegiatan rapat
􀁹 Transport dan perjalanan dinas
􀁹 Penggandaan soal-soal ulangan/ujian
􀁹 Daya dan jasa
􀁹 Lainnya
2
Tidak langsung pada program keahlian
􀁹 Investasi untuk program program keahlian
􀁹 Lainnya
3
Pengeluaran lain
TOTAL PENGELUARAN Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 33
140. Biaya pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan.
No.
Jenis kegiatan pengembangan
Jumlah (dalam rupiah)
1
2
3
141. Anggaran untuk kebutuhan pendidikan selama satu tahun terakhir.
Jumlah (dalam rupiah)
1
Gaji dan tunjangan guru
2
Gaji dan tunjangan tenaga kependidika
3
Biaya pengembangan guru dan tenaga kependidikan
4
Kegiatan pembelajaran
5
Kegiatan kesiswaan
6
Alat tulis program keahlian
7
Bahan habis pakai
8
Alat habis pakai
9
Kegiatan rapat
10
Transport dan perjalanan dinas
11
Penggandaan soal-soal ulangan/ujian
12
Daya dan jasa
13
Kegiatan operasional tidak langsung
14
Biaya kebutuhan pendidikan lainnya
142. Biaya operasional untuk guru pada tahun berjalan (dalam rupiah).
No.
Nama
Jabatan*
Gol.**
Gaji pokok
Insentif
Transport
Tunjangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
Jumlah total
Keterangan: * Jabatan diisi dengan:
1. Kepala program keahlian
2. Wakil kepala program keahlian
3. Guru tetap (GT), dan
4. Guru tidak tetap (GTT).
** Hanya untuk pegawai negeri sipil (PNS)
34 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
143. Biaya operasional untuk tenaga kependidikan pada tahun berjalan (dalam rupiah).
No.
Nama
Jabatan*
Gol.**
Gaji pokok
Insentif
Transport
Tunjangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
Jumlah total
Keterangan: * Jabatan diisi dengan:
1. Kepala tata usaha (Ka TU),
2. Tata usaha (TU),
3. Tenaga perpustakaan (TP),
4. Tenaga laboratorium (TL),
5. Penjaga sekolah/madrasah (PS/M),
6. Tukang kebun (TK),
7. Tenaga kebersihan (TB),
8. Pengemudi (Pm),
9. Pesuruh (Psh) dan sebagainya.
** Hanya untuk PNS
144. s.d. 153. Alokasi biaya operasional program keahlian di luar pendidik dan
tenaga kependidikan.
No.
Jenis biaya pengeluaran
Jumlah (dalam rupiah)
1
Kegiatan pembelajaran
2
Kegiatan kesiswaan
3
Alat tulis program keahlian
4
Bahan habis pakai
5
Alat habis pakai
6
Kegiatan rapat
7
Transport dan perjalanan dinas
8
Penggandaan soal-soal ulangan/ujian
9
Daya dan jasa
10
Kegiatan operasional tidak langsung
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 35
154. Alokasi biaya kegiatan prakerin, uji kompetensi, bimbingan karir, dan program kewirausahaan
No.
Jenis biaya pengeluaran
Jumlah (dalam rupiah)
1
Prakerin
2
Uji kompetensi
3
Bimbingan karir
4
Program kewirausahaan
155. Biaya personal yang berasal dari uang sekolah/madrasah (tanpa keringanan biaya pendidikan).
No.
Kelas
Jumlah siswa
Uang sekolah/madrasah tiap siswa
Jumlah (dalam rupiah)
1
X
2
XI
3
XII
Jumlah
156. Biaya personal yang berasal dari uang sekolah/madrasah (dengan keringanan biaya pendidikan).
No.
Kelas
Jumlah siswa
Uang sekolah/madrasah
Jumlah (dalam rupiah)
1
X
2
XI
3
XII
Jumlah
157. Biaya pendaftaran ulang siswa setiap awal tahun.
No.
Kelas
Besar biaya pendaftaran
Jumlah (dalam rupiah)
1
X
2
XI
3
XII
158. Biaya subsidi silang meliputi: pengurangan dan pembebasan biaya pendidikan, pemberian bea siswa maupun bentuk bantuan lainnya.
No.
Tahun
Jumlah siswa layak terima
Jumlah siswa penerima
1
2
3
4
Jumlah 36 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
159. Pungutan biaya personal di samping uang program keahlian.
No.
Jenis pungutan
Jumlah (dalam rupiah) per tahun
1
2
3
4
5
160. Pengambilan keputusan untuk menetapkan biaya personal melibatkan berbagai pihak.
No.
Pihak yang dilibatkan dalam pembahasan
1
2
3
4
161. Biaya personal yang berasal dari dana masyarakat tercantum dalam RKA-S/M.
Tercantum dalam RKA-S/M
No.
Biaya personal yang dikeluarkan siswa
Ya
Tidak
1
2
3
4
Keterangan: Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “Ya” atau “Tidak”
162. Kepemilikan pedoman pengelolaan keuangan selama empat tahun terakhir.
Tahun kepemilikan
No.
Kepemilikan
20...
20...
20...
20...
1
Pedoman pengelolaan keuangan.
Keterangan: Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “20...”
163. Dilaksanakan pembukuan biaya operasional selama empat tahun terakhir.
Tahun kepemilikan
No.
Dilaksanakan
20...
20...
20...
20...
1
Pembukuan biaya operasional.
Keterangan: Berilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “20...”, jika dilaksanakan.
164. Pembuatan laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan selama empat tahun terakhir.
Tahun pembuatan
No.
Dilaksanakan
20...
20...
20...
20...
1
Laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan
Keterangan: Isilah tanda ceklis (􀀹) pada kolom jawaban “20...”, jika dilaksanakan
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 37
VIII. STANDAR PENILAIAN
165. Sosialisasi rancangan dan kriteria penilaian.
No.
Nama Guru
Mata pelajaran yang diampu
Cara sosialisasi yang dilakukan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
166. Kesesuaian teknik penilaian dengan indikator pencapaian KD pada silabus mata pelajaran.
Kelengkapan silabus *
No.
Silabus mata pelajaran
Teknik penilaian
Indikator pencapaian KD
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) sesuai dengan “Kelengkapan silabus”
167. Instrumen dan pedoman penilaian yang dikembangkan oleh guru.
No.
Nama guru
Mata pelajaran yang diampu
Instrumen dan pedoman penilaian yang telah dibuat
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
38 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
168. Teknik penilaian.
Teknik penilaian yang digunakan*
No.
Nama Guru
Mata pelajaran
Tes Tulis
Pengamatan
penugasan
lainnya
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Keterangan: * Isilah tanda ceklis (􀀹) sesuai dengan “Teknik penilaian yang digunakan”
169. Pengolahan hasil penilaian.
No.
Nama guru
Mata pelajaran
Bentuk dari bukti pengolahan hasil penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
170. Daftar guru yang mengembalikan hasil pekerjaan siswa.
No.
Nama guru
Mata pelajaran
Jumlah hasil pekerjaan siswa yang dikembalikan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 39
171. Daftar guru yang melaksanakan program remedial dan pengayaan.
No.
Nama guru
Mata pelajaran
Keterangan program remedial dan pengayaan yang dilakukan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
172. Pelaporan hasil penilaian mata pelajaran pada akhir semester (yang baru selesai).
No.
Kategori
Jumlah
1
Guru yang sudah melaporkan.
2
Guru yang belum melaporkan.
Jumlah
173. Pelaporan hasil penilaian akhlak siswa pada akhir semester (yang baru selesai), dari guru di luar guru Pendidikan Agama.
No.
Kategori
Jumlah
1
Guru yang sudah melaporkan
2
Guru yang belum melaporkan
Jumlah
174. Pelaporan hasil penilaian kepribadian pada akhir semester (yang baru selesai), dari guru di luar guru Pendidikan Kewarganegaraan.
No.
Kategori
Jumlah
1
Guru yang sudah melaporkan
2
Guru yang belum melaporkan
Jumlah
175. Koordinasi ulangan tengah, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.
No.
Bentuk/jenis koordinasi
Tanggal pelaksanaan
1
2
3
40 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M
176. Penentuan kriteria kenaikan kelas.
No.
Acara
Tanggal rapat
Jumlah yang hadir
Hasil putusan rapat
1
Penentuan kriteria kenaikan kelas
177. Penentuan nilai akhir kelompok mata pelajaran.
No.
Acara
Tanggal rapat
Jumlah yang hadir
Hasil putusan rapat
1
Penentuan nilai akhir kelompok mata pelajaran
178. --
179. Laporan hasil penilaian setiap akhir semester.
No.
Kegiatan pokok yang dilakukan
1
2
3
4
5
180. Laporan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Kanwil Depag.
No.
Tanggal pelaksanaan Ujian
Tanggal pelaporan
Selisih hari
1
181. Rapat Penentuan kelulusan siswa.
No.
Acara
Tanggal rapat
Jumlah yang hadir
Jumlah tidak hadir
Hasil putusan rapat
1
182. Penerbitan dan penyerahan surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN).
No.
Tanggal pengumuman hasil UN
Tanggal penyerahan SKHUN
Selisih hari
1
Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M | 41
183. Penerbitan dan penyerahan ijazah.
No.
Tanggal blanko diterima
Tanggal penyerahan Ijazah
Selisih hari
1
184. Penerimaan siswa baru.
No.
Mekanisme seleksi penerimaan siswa baru yang digunakan
1
2
3
4
5
185. Keterlibatan pihak DU/DI, lembaga sertifikasi atau asosiasi profesi yang sejenis pada uji kompetensi.
No.
Pihak yg terlibat
Tanggal pelaksanaan uji kompetensi
Jumlah siswa yang di uji
1
2
3
4
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
TTD.
BAMBANG SUDIBYO
Salinan sesuai dengan aslinya.
Kepala Biro Hukum dan Organisasi
Departemen Pendidikan Nasional,
Dr. A. Pangerang Moenta, S.H.,M.H.,DFM
NIP. 131661823
42 | Perangkat Akreditasi SMK/MAK - Hak Cipta © 2009 BAN-S/M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar